Wakil Deputi Menteri Puji Marka Lintas

Jember (beritajatim.com) – Wakil Deputi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Kushardono memuji komunitas Marka Lintas (Mahasiswa Respon Keselamatan Bersama Polisi Lalu-Lintas), saat meninjau Kantor Satuan Penerbitan Surat Ijin Mengemudi (Satpas) Kepolisian Resor Jember, Selasa (10/8/2010).

“Saya memberi penghargaan kepada Universitas Jember yang tergabung dalam partnership, dalam rangka membangun lalu lintas. Ini sepertinya baru saya jumpai,” kata Kushardono.

Marka Lintas dikukuhkan Mei 2008. Komunitas ini terdiri atas para mahasiswa Universitas Jember yang peduli terhadap sosialisasi keselamatan di jalan. Data kecelakaan menyebutkan bahwa di Kabupaten Jember pada tahun 2007 terjadi 779 kecelakaan dengan korban meninggal dunia 144 orang, 143 luka berat, dan 191 luka ringan. Hal tersebut sama artinya bahwa rata-rata dalam sehari terjadi 2 kecelakaan dan 2 hari sekali ada 1 orang meninggal dunia di jalan akibat kecelakaan.

Kushardono mengatakan, kehadiran Marka Linras seusai dengan Undang-Undang Pelayanan Publik. Setiap unit kerja pelayanan publik wajib melibatkan masyarakat untuk membuat standar pelayanan publik. “Tolong ini ditingkatkan. Bukan hanya menggandeng perguruan tinggi, tapi juga mungkin dari jurnalis,” katanya.

Selain memuji Marka Lintas, Kushardono juga menyatakan, tengah mengklarifikasi fakta dan realita pelayanan pembuatan SIM di Jember. Ini untuk menjamin bahwa kualitas pelayanan SIM di Jember tak hanya terpaku pada konsep.

“Meski Jember sendiri sudah diberi penghargaan oleh Kepolisian RI dalam hal pelayanan satuan lalu lintas, tapi kami tidak bisa percaya begitu saja,” kata Kushardono.

Sejauh ini, berdasarkan hasil peninjauan, Kushardono mengakui bahwa banyak inovasi dalam hal pelayanan SIM. “Banyak sekali kreasi unggulan yang sifatnya memudahkan masyarakat, seperti remedial test. Bagi pemohon yang tiga kali ikut ujian tak lulus, akan diberi bimbingan. Lalu ada pemandu,” katanya.

Pemerintah pusat senantiasa melakukan pengawasan terhadap reformasi birokrasi di tubuh kepolisian. Konsistensi kinerja kepolisian dalam melayani masyarakat menjadi salah satu parameter keberhasilan refomasi itu. [wir]
dikutip dari beritajatim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s